'Twas the Evening of Christmas

'Twas the Evening of Christmas

IPS Permintaan kenaikan upah yang dilakukan tenaga kerja buruh sering kali dikesampingkan oleh perusahaan. Hal ini menyebabkan terjadinya bentrok Kepentingan antara keduanya. Jelaskan tindakan yang harus dilakukan perusahaan sebagai win-win solution, baik bagi perusahaan maupun tenaga kerja!

#kalotidaktaunggakusahjawabya​

Permintaan kenaikan upah yang dilakukan tenaga kerja buruh sering kali dikesampingkan oleh perusahaan. Hal ini menyebabkan terjadinya bentrok Kepentingan antara keduanya. Jelaskan tindakan yang harus dilakukan perusahaan sebagai win-win solution, baik bagi perusahaan maupun tenaga kerja!

#kalotidaktaunggakusahjawabya​

Jawaban:

tindakan yang harus dilakukan perusahaan terhadap tenaga kerjanya :

pertama, Dengarkan Dengan Baik Dan Jangan Anggap Sepele.

Dengarkan dengan baik permintaan mereka bahwasannya karena mungkin saja dalam permintaan tersenut terdapat hal cukup logis didalamnya.

Misalnya ketika UMR tahunan mengalami kenaikan, atau karena hal lainnya yang belum anda lihat dalam proposal yang mereka ajukan. Jangan langsung memberikan penolakan terhadap permintaan mereka karena bisa saja terdapat kelogisan dibalik permintaan kenaikan gaji mereka.

kedua, Jangan Langsung Memberikan Keputusan, Mintalah Waktu Evaluasi

Akaan salah dan berakibat fatal ketika anda langsung memberikan keputusan seketika tanpa memikirkan dengan matang keputusan yang akan berikan. Karena itu akan lebih baik untuk anda meminta waktu terlebih dahulu melakukan evaluasi terkait permintaan mereka untuk kemudian baru bisa memberikan keputusan. Anda dapat mengevaluasi proposal yang sudah mereka buat terlebih dahulu.

ketiga, Cermati Proposal Dengan Baik, Pertimbangkan Keputusan Layak Atau Tidak.

Perhatikan poin per poin isi dari proposal tersebut apakah karyawan tersebut layak untuk mendapatkannya atau tidak. Anda dapat dengan mencoba membandingkan kinerja mereka dengan teman sejabatan lainnya yang sekiranya memiliki tanggung jawab yang sama.

keempat, Minta Informasi Lebih Lanjut.

lakukan dalam memintanya jangan katakan untuk keperluan bahan pertimbangan, namun sebagai bahan evaluasi. Karena ketika anda mengatakan untuk bahan pertimbangan, dapat membuat mereka merasa kurang dihargai.

kelima, Review Performa Karyawan Tersebut

Apakah dari awal karyawan tersebut apakah dia termasuk orang yang mendapatkan banyak prestasi. Bagaimana karyawan tersebut menyelesaikan tugasnya. Dan apakah karyawan tersebut menyelesaikan tugasnya dengan cepat atau tidak ?

Terlebih dari itu jika hubungan karyawan tersebut dengan karyawan lainnya. apakah dia termasuk orang yang sering membantu rekan kerjanya atau tidak. Kemampuan dan performa karyawan tersebut dapat menjadi pertimbangan bagus dalam memutuskan permintaan kenaikan gajinya.

keenam, Keterbukaan Saat Menolak

terbuka dengan alasan yang masuk akal dan dapat diterima dengan baik oleh karyawan merupakan hal yang tepat. tidak perlu menutup nutupi alasan sebenernya mengapa melakukan penolakan permintaan karyawan tersebut.

terakhir, Bila Tak Menemukan Titik Terang, Berikan Alternatif

Jika memang perusahaan tidak bisa menaikkan gaji karyawan. Maka perusahaan dapat mengganti kenaikan gaji karyawan ini dengan memberikan alternatif lain. Misalnya dengan memberikan fasilitas tambahan sebagai kompensasi karena tidak adanya kenaikan gaji. Namun dalam hal ini tetap saja perusahaan harus memberikan alasan sebaik mungkin dalam memberikan penjelasan kepada karyawan.

semoga membantu :)

[answer.2.content]